Selasa, 31 Mei 2011

Referensi Standar Gaji di Indonesia 2011 buat Job Seeker

Referensi Standar Gaji di Indonesia 2011 buat Job Seeker Mudah2an trit ane kali ini bisa bermanfaat buat agan2 yg kebetulan saat ini sedang mencari pekerjaan. Informasi yang ingin ane bagi berupa Standar Gaji perusahaan di Indonesia.


Kenapa ane anggap hal ini cukup penting?

Karena kalau kita mau jujur, sesungguhnya inilah pertanyaan yang paling sulit dijawab oleh kebanyakan interviewee pada saat interview pekerjaan, redaksinya kurang lebih begini:

"Berapa gaji yang anda inginkan?" "Kebanyakan" interviewee yang biasanya memang sedang butuh pekerjaan umumnya pasti menjawab dengan jawaban standar, "Sesuai dengan standar yang diterapkan perusahaan ini, Pak/Ibu."
(dengan pikiran, takut nggak diterima kalau nyebutin nominal) Padahal, kalau menurut rekan2 yang pakar di bidang ini, dan menurut pengalaman pribadi juga. Jawaban seperti ini cuma bakal membuat kita terlempar dari list teratas kandidat paling potensial ke strata kandidat yang standar2 aja.

Kenapa demikian?

Karena jawaban seperti itu justru akan memberi kesan negatif bahwa agan termasuk tipikal kandidat yang:
1. Nggak berbeda dengan pencari kerja kebanyakan yang biasa punya pikiran, "terserah berapa gajinya, yang penting gw diterima."
(Tipe seperti ini kebanyakan justru akan dianggap tipe pribadi yang asal cari selamat yang nggak bisa dijamin dedikasinya, totalitasnya, dan passion-nya. Siapa yang tau kalau "dia" sebenarnya tidak suka pada posisi pekerjaan yg dilamarnya. Kalau tidak suka, mana bisa diharapkan bisa bersedia bekerja keras. Seandainya agan yang punya perusahaan, kira2 apa agan mau mempekerjakan orang yang motifnya masih abu2 begini?)

2. Selain itu agan akan dianggap tipikal yang tidak bisa mengukur kemampuan diri sendiri, apa kelebihannya, apa kekurangnnya, dan apa yang bisa diberikan olehnya buat perusahaan, dan berapa seharusnya dia dihargai oleh perusahaan.
(Kalau tidak bisa mengukur diri sendiri, apa bisa diharapkan mampu mengukur upaya2 yg nantinya bakal dijalani, dan upaya yang bakal dilakukan agar dapat mengembangkan perusahaan.)

Jadi, lupakan mitos bahwa jawaban "Sesuai Standar Perusahaan" bisa menyelamatkan agan dari proses interview tersebut.

Nah, jadi semestinya, harus dirubah dulu mindset kita, bahwasanya kita tidak sedang melamar menjadi "kuli", melainkan sedang "menjual diri". Dan yang namanya menjual diri, bisa jadi bakal ada proses negosiasi kayak di FJB

Bukankah akan terlihat lebih smart serta profesional jika agan menjawab kurang lebih seperti ini:
"Berdasarkan background pendidikan saya, Pak, yang S nong2, serta pengalaman saya di bidang bla.. bla.. selama sekian tahun. Dan jangan lupa, saya memiliki skill ini dan itu, oia, dan juga dengan mempertimbangkan rangkaian Job Desk pada posisi tersebut yang kemungkinan akan saya emban jika saya diterima, serta berdasarkan riset saya terhadap standar gaji yang di Indonesia untuk posisi yang ingin saya lamar, menurut saya, cukup ideal jika saya digaji sekian digit. Bagaimana tanggapan Bapak? kalau ketinggian masih bisa digoyang lah, Pak. asal jangan afgan. " Kalo si Bapak/Ibu merasa nilai yang ditawarkan terlalu tinggi, tidak usah ragu untuk melakukan tawar-menawar. sekali lagi, kayak di FJB. So, jangan takut tidak diterima lantaran menyebutkan nominal. Toh agan sedang menjual diri, bukan sedang melamar menjadi kuli yang bersedia di bayar berapa aja.

Oke... Langsung aja ane kasih link donlot Standar gaji di Indo 2011 yang diterbitkan oleh KELLY gan. Disitu juga agan bisa liat standar gaji berdasarkan masing2 bidang pekerjaannya, posisi yang dilamar, kualifikasi, pengalaman, dan job desk (kayak skrinshot di atas). Paling nggak agan jadi bisa mulai ngukur2 berdasarkan variabel2 itu berapa kira2 nilai diri agan yang pantes dan ideal buat ditawarkan. Mesti referensinya nggak bersifat mutlak, paling nggak bisa jadi tolak ukur.

So, jangan alergi buat tawar menawar.

SIlahkan donlot Standar Gaji di Indonesia 2011 (Bukan jebakan betmen). Mudah2an bermanfaat gan... ane juga nggak nolak klo dikasih ijo2

Last edited by tresnorembulan; Yesterday at 11:01 PM..

View the original article here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar